Friday, May 14, 2010

Ayran

Sore ini ditraktir kawan makan di Lebanon. Pesan Menu Eins alias Kubideh. Setelah semua hidangan ludes. Masih ada tawaran minum Ayran. Sejenis minuman arab yang bahan utamanya adalah yoghurt dari susu kambing yang ditambah natrium alias sedikit garam sehingga kaya protein dan mineral.

Awalnya karena sudah kenyang rasanya tak mampu lagi minum Ayran. Tapi untuk berterima kasih kepada yang mentraktir jadilah kami pesan Ayran.

Nah perlu semangat khan supaya Ayran itu bisa habis bareng-bareng. Sengaja kami pesannya cuma 4 gelas padahal yang hadir lebih kurang 10 orang. Perlu motivasi deh!.

"Ayo siapa yang minum Ayran bisa langsung ngomong bahasa Arab!!" Seru Mba. Hah!! Ibu-ibu dan bapak-bapak di sana bengong dengan seruan Mba.

Karena sudah dibagikan di gelasnya mereka siap-siap untuk minum Ayran, termasuk Mba yang sebetulnya pernah agak kapok minum susu kambing itu....

"Minumnya ditabur lada!, Supaya rasanya lebih enak," anjur seorang Bapak penggemar Ayran.

Glek-glek-glek, akhirnya habis juga Ayran itu. "Alhamdulillah!!" Seru Mba keras-keras setelah menghabiskan jatahnya. "Nah khan bisa langsung ngomong bahasa Arab!!" kata Mba semangat.

Mendengar itu kontan saja Ibu-ibu dan Bapak-bapak langsung riuh rendah tertawa dan juga sambil ngomong bahasa Arab itu. Ha...ha...ha... Benar-benar jitu memang Ayran bisa membuat peminumnya langsung bisa ngomong bahasa Arab!.


2 comments:

  1. He3x...Iya Put, saya bacanya juga ketawa lagi ingat kejadian itu :) Sekalian ngingetin mereka baca Alhamdulillah habis makan. Becanda yang dapat pahala :)

    ReplyDelete