Thursday, April 22, 2010

KISI

"Minggu ini kita jadi anggotanya Husein!" Mas senyum-senyum. "Ha3x... sudah daftar belum?" sambut Mba tertawa-tawa. Husein pendiri KISI di Berlin. Komunitas Indonesia Suka India.
Pendaftaran tidak resminya, ya nonton film India! Ha3x.

Mulai dari "3 Idiots". Film yang menurut infonya Husein memang benar ada sekolahnya, dan benar juga ada mahasiswa yang menamatkan hidupnya di sana karena sistem pendidikan yang terlalu "keras", bukan menamatkan pendidikannya. Film bagus, saya suka.

Film kedua "Slumdog Millionaire". Kisahnya membuat saya sedih, berlatar belakang muslim India yang tersingkirkan. Film bagus, saya baru tahu ada film India seperti ini.

Film ketiga "My Name is Khan". Lama sekali durasi filmnya. Film bagus. Kisahnya mengenai seorang penderita autis, muslim India, yang pasti mewakili muslim keseluruhannya yang tinggal di Amerika sebelum dan sesudah kasus WTC. Pesannya jelas, "My name is Khan. I am not a terorist."

Pesannya Mas lebih jelas lagi, "My name is Hendri 'khan'," dengan nada datar...Mba mulai senyum-senyum menunggu kalimat candanya. "I am a tourist," katanya. Wkkawkkawk...

Yang pasti Mas dan Mba menontonnya gratisan dan tidak ada sub titelnya. Artinya, semua bahasa India, kecuali film yang terakhir, memang banyak bahasa Inggrisnya karena setting filmnya di Amerika.

3 comments: